Rabu, 18 Maret 2015

7 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Sekitar Keraton Yogyakarta (3)

Lukisan Batik Tulis Satria Gallery



   Karya seni yang paling saya kagumi keindahannya adalah lukisan. Saya yang tidak pandai dalam menggambar saat melihat lukisan atau orang yang sedang melukis sangat terkesima. Inilah yang saya rasakan saat berada di Satria Gallery yang berada tidak jauh dari keraton Jogja.
   Tepat dipinggir jalan menuju kawasan keraton ada sebuah lorong berukuran kecil. Tidak banyak yang tahu bahwa di dalam lorong kecil ini terdapat gallery lukisan. Nama tempatnya adalah Satria Gallery. Tempat ini dikelola oleh ibu Herman bersama rekan-rekannya.
   Saya sangat tertarik sekali saat melihat setiap lukisan yang terpajang didinding-dinding ruangan. Ada puluhan lukisan yang terpajang. Ada lukisan abstrak juga ternyata. Untuk ukuran lukisan bervariasi. Ada ukuran yang panjang dan lebar ada juga lukisan dengan ukuran cukup kecil.



   Saya sempat berbincang-bincang dengan ibu Hermanto. Ternyata ibu hermanto ini adalah salah satu pelukis juga. Dari penuturan beliau, gallery ini sudah berdiri sejak 15 tahun yang lalu. Gallery ini berbentuk koperasi dengan nama koperasi satria gallery. Koperasi ini dikelola oleh anggota keluarga abdi dalem keraton. Jumlah pelukis sekaligus pengelola sebanyak 13 orang. Saya lebih terkesima saat beliau mengatakan bahwa setiap pembelian dari lukisan ini, 10 persennya diberikan kepada putra-putri abdi dalem yang kurang mampu.
   Lukisan ini menurutnya dibuat tidak sembarangan. Tiap lukisan dibuat memiliki makna didalamnya. Beliau sempat menunjukkan sebuah lukisan arjuna dan sinta yang menurutnya memiliki makna keawetan dalam hubungan percintaan dan cepat mendapatkan jodoh bagi yang belum memiliki pasangan. Dalam 1 hari koperasi ini bisa menjual 13 buah lukisan. Jika ramai lukisan bisa habis sebanyak 20-30 buah. Harga jual lukisan tidak terlalu mahal. Bagi Anda penikmat keindahan sebuah gambar rentang harga 200 ribu sampai jutaan rupiah menjadi sangat sesuai. Bu hermanto juga memberikan tips untuk menjaga lukisan agar tetap awet. Konsumen Bu Hermanto datang dari penjuru Indonesia dan berbagai negara di dunia seperti Australia, Belanda, Malaysia, Singapura, dan Jerman.



   Saat saya sedang berbincang-bincang dengan Ibu Hermanto, salah seorang konsumen ingin mengambil lukisannya yang sudah dulu dipesan beberapa hari yang lalu. Ibu Nining yang berasal dari luar kota Jogja ini memesan sebuah lukisan kereta kencana. Menurutnya lukisan ini dibuat oleh pelukisnya sebanyak 3 buah dalam satu tahun. Ibu Nining juga mengungkapkan rasa senang dan puasnya mendapatkan lukisan tersebut.
   Tidak terlalu banyak orang yang mengetahui gallery ini. Beberapa pengujung diarahkan oleh tukang becak yang mangkal disekitar keraton. Dari tukang becak inilah pengunjung jadi tahu bahwa disini ada gallery lukisan yang bisa dibeli. Tunggu apa lagi, jika Anda berada di Jogja atau sedang berada di sekitar Malioboro Yogyakarta, mampirlah ke gallery ini.



1 komentar:

  1. Bisa mendapatkan nomor kontak dri galeri ini gak?

    BalasHapus