Rabu, 18 Maret 2015

7 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Sekitar Keraton Yogyakarta (2)

Masjid Gede Kauman




   Perjalanan saya lanjutkan ke sebuah masjid yang berdekatan dengan keraton. Masjid ini bernama Masjid Gede Kauman.  Jarak antara keraton dengan masjid hanya sekitar 50 meter. Jadi saya ke sana tinggal jalan kaki saja.
   Saat kita memasuki area masjid, kita memasuki pekarangan luas berlantai semen. Masjid ini dipagari tembok semen yang cukup tinggi memisahkan antara rumah warga dan masjid. Tampak masjid Kauman ini tidak jauh berbeda dengan Masjid Kota Gede malah lebih terlihat mirip.
   Tampak gapura depan masjid persis sama bentuknya dengan Masjid Kota Gede. Namun, yang membedakannya adalah adanya jam dinding yang melekat di tembok bagian atas gapura berada di tengah-tengah lambang kerajaan Ngayogyakarta.
   Masih sama seperti Masjid Kota Gede, masjid ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama merupakan pelataran tempat pengunjung bisa istirahat maupun tidur siang. Sementara bagian dalam merupakan tempat untuk shalat. Dibagian pelataran berdiri beberapa tiang penyanggah dengan ukiran yang indah. Saat kita melongok ke atas, ukiran-ukiran kayu yang menyanggah atap bengunan berwarna keemasan yang mengesankan keindahan tersendiri. Tak lupa lampu gantung turut menghiasi untuk penerangan saat malam tiba.
   Beranjak ke bagian dalam masjid saya melihat mimbar kayu berwarna keemasan berdiri dipaling depan. karpet berwarna merah menghiasi lantai masjid yang menambah keindahannya. Beberapa tiang penyanggah tampak besar-besar. Nampaknya tiang penyanggah ini berupa pohon yang masih utuh. Untuk interior bagian dalam dan atap, Nampak sekali menurut saya lebih indah dari masjid kota gede. Saya juga sempat melihat kamera CCTV yang menempel di didinding kayu masjid untuk menjaga keamanan dari pencurian nampaknya.
   Samping kanan masjid merupakan tempat untuk berwudu. Masih sama seperti masjid kota gede, masjid ini juga dikelilingi kolam air yang tidak berisi ikan. Pada bagian paling depan masjid tertulis sebuah batu yang bertuliskan nama masjid. Sempatkanlah untuk shalat sunnah tahiyatul masjid saat Anda berkunjung kesini ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar